Cara Mudah Menggunakan Android Device Manager Bagi Pemula

Cara Menggunakan Android Device Manager  – Apabila anda kehilangan Smartphone anda, anda dapat melacaknya secara mudah hanya dengan memakai Android Device Manager. Dengan Device Manager juga anda bisa memasukan sandi baru untuk mengunci perangkat, membuat perangkat berdering atau menghapus semua isinya apabila ponsel anda tidak dapat ditemukan kembali.

Didalam perangkat android yang baru, layanan ini diaktifkan secara standar, namun hanya dapat mengaturnya secara manual untuk perangkat yang lebih tua.

 

Cara Mudah Menggunakan Android Device Manager Google

 

Bagian Pertama

Mengaktifkan Layanan Pelacakan Pada Perangkat Android

 

Cara Mudah Menggunakan Android Device Manager Bagi Pemula

Tahap 1 Pastikan dulu jika perangkat anda sudah diperbaharui

Seluruh perangkat android yang memakai sistem operasi 2.2 (Froyo) dan sesudah itu dapat memakai layanan Android Device Manager.

Perangkat harus mempunyai Google Play Services yang seharusnya sudah terpasang secarara otomatis apabila anda sudah pernah membuka Google Play Store.

Notif: Di kebanyakan perangkat Android yang baru, semua hal yang telah dijabarkan pada bagian ini telah diaktifkan pada standarnya.

 

Cara Mudah Menggunakan Android Device Manager Bagi Pemula

Tahap 2 Masuklah ke dalam perangkat Android Memakai Akun Google Anda

Saat ini banyak para pengguna yang sudah masuk memakai akunya masing-masing, namun apabila belum, anda bisa menambahkan akun Google anda kedalam perangkat lewat menu Settings.

  • Pertama buka aplikasi Settings, selanjutnya gulung kayar kebawah anda menemukan bagian “Accounts”.
  • Kemudian ketuk “Add account”, lalu pilih “Google”.
  • Selanjuntya masukkan detail informasi akun Google anda untuk masuk

 

Cara Mudah Menggunakan Android Device Manager Bagi Pemula

Tahap 3 Nyalakan Lokasi Perangkat

 Supaya perangkat anda bisa ditampilkan di peta dalam anroid device manager, seharunya anda menyalakan layanan lokasi.

  • Buka juga aplikasi Settings, berikutnya pilih “Location”.
  • Pastikan kalau bilah geser (slider) telah ada dalam posisi aktif.
  • Pilih mode “High Accuracy” untuk memperoleh hasil lokasi yang sangat akurat

 

Cara Mudah Menggunakan Android Device Manager Bagi Pemula

Tahap 4 Buka aplikasi Google Settings di perangkat

Seluruh perangkat android yang memakai sistem operasi 2.2 dan sesudahnya yang telah terpasang dengan Google Play Store seharunya telah terpasang dengan aplikasi ini. Dimana aplikasi ini memudahkan anda untuk menyesuaikan pengaturan Android Device Manager untuk perangkat.

  • Anda pilih “Security” pada bagian “Services”.
  • Dan pastikan bahwa opsi “Allow remote lock and erase” juga dicentang. Opsi tersebut menjadikan Android Device Manager dapat melacak perangkat serta menampilkan lokasinya di peta.
  • Lalu pastikan kalau opsi “Allow remote lock and erase” juga dicentang. Opsi ini adalah fitu keamanan yang begitu penting, serta fitur yang mengharuskan anda untuk melindungi data apabila perangkat telah hilang atau dicuri

 

Cara Mudah Menggunakan Android Device Manager Bagi Pemula

Tahap 5  Buka Aplikasi Settings di Perangkat

Hak terakhir yang perlu anda lakukan ialah untuk mengaktfihkan Android Device Manager ialah memperoleh izin administrator untuk mengunci serta menghapus isi perangkat dari jarak jauh.

  • Anda bisa pilih “Security” dari menu Settings
  • Selanjuntya Gulung ke bawah, lalu pilih “Device administrator”.
  • Pastikan juga jika “Android Device Manager” di ceklis

 

Kunjungi Juga: Cara Menggunakan Aplikasi Device ID Changer Pro [Xposed] Di Android

 

Bagian Kedua

Melacakan dan Mengatur Perangkat

 

Cara Mudah Menggunakan Android Device Manager Bagi Pemula

Tahap 1 Buka Abdroid Device Manager untuk melacak dan mengatur perangkat anda

Anda dapat mengakses Android Device Manager lewat dua cara yang tidak sama:

  • Situs web Android Device Manager

Anda bisa kunjungi google.com/android/devicemanager,kemudian masuklah memakai akun Google yang sama dengan akun yang Anda pakai untuk masuk ke dalam perangkat Android sebelumnya.

  • Aplikasi Android Device Manager

Unduh aplikasi Android Device Manager dari Google Play Store memakai perangkat android lain. Apabila anda memakai perangkat android orang lain. Anda dapat masuk sebagai Guest. Dan masuklah memakai akun Google yang sebelumnya dipakai untuk bisa masuk ke dalam perangkat android yang hilalng. Disini adroid Device Manager tidak tersedai untuk iOS, pakailah situs web apabila anda ingin mengakses Android Device Manager memakai iOS.

 

Cara Mudah Menggunakan Android Device Manager Bagi Pemula

Tahap 2 Pilih Perangkat

Apabila anda mempunyai beberapa perangkat android yang memakai akun yang sama, anda dapat memilih perangkat yang ingin dilacak dan diatur dengan mengklik nama perangkat yang aktif serta memilih salah satu perangkat yang ditampilkan pada menu.

 

Cara Mudah Menggunakan Android Device Manager Bagi Pemula

Tahap 3 Temukan Perangkat di Peta

Apabila anda mengaktifkan layanan lokasi pada perangkat, umumnya anda dapat melacaknya pada peta. Dan apabila perangkat mempunyai sinyal GPS, lokasi yang ditunjukan pada peta seharunya cukup akurat. Dan apabila layanan dalam perangkat hanya diaktifkan dalam mode nirkabel, lokasi yang ditampilkan mungkin saja tidaklah akurat atau bahkan tidak akan muncul sama sekali.

  • Dan apabila Android Device Manager tidak dapat menampilkan lokasi secara persis, sebuah lingkaran yang memperlihatkan perkiraan lokasi perangkat akan ditampilkan. Dengan begitu anda dapat mencari lokasi perangkat yang sesunggunya dengan terus menelusuri kembali jalur yang anda lewati.

 

Cara Mudah Menggunakan Android Device Manager Bagi Pemula

Tahap 4 Buat Perangkat Berdering

Apabila anda mencoba untuk menemukan perangkat di sekitar, anda dapat membuatnya terus berdering dengan menekan tombol “Ring”. Maka perangkat akan terus berdering dengan volume penuh selama lima menit atau sampai perangkat terkunci.

 

Cara Mudah Menggunakan Android Device Manager Bagi Pemula

Tahap 5 Cobalah untuk mengunci perangkat dengan kata sandi baru

Apabila ternyata anda takut kalau perangkat anda ditemukan oleh orang yang salah. Anda dapat menguncinya dengan kata sandi baru dengan mengklik tombol “Lock”. Dimana kata sandi ini harus dimasukkan untuk membuka kunci perangkat. Dan anda dapat juga mengatur pesan yang akan ditampilkan pada layar perangkat.

 

Cara Mudah Menggunakan Android Device Manager Bagi Pemula

Tahap 6  Hapus isi perangkat

Dan jika anda masih tetap khawatir kalau perangkat sudah dicuri, atau anda tidak dapat memperolehnya kembali, anda dapat menghapus semua data dan pengaturan dalam perangkat dengan menekan tombol “Erase”. Dengan begini perangkat anda akan dikembalikan sesuai pengaturan pabrik.

Dan apabila perangkat sedang tidak terhubung ke dalam jaringan, maka pengaturan akan dilakukan ketika perangkat sudah terhubug kembali dengan jaringan.

 

Tips
Anda bisa mengubah nama setiap perangkat dengan menekan tombol yang ada digambar dengan ikon pensil. Maka, anda sudah bisa mengenali perangkat secara lebih mudah. Terutama apabila anda mempunyai banyak sekali perangkat Android

 

Peringatan
Apabila anda mencurigai kalau perangkat anda telah dicuri, saya sarankan untuk tidak memakai peta untuk melacak pencuri sendiri. Ada baiknya, laporkan saja kepada pihak kepolisian

 

 

Please rate this

Tinggalkan komentar